Fitrilebeks's Blog

Prinsip Kerja Motor Bensin 2-Tak

Posted on: June 3, 2009

 

  1. Pengertian Mesin atau Motor Bakar ( Heat Engine ).

     

Mesin atau motor bakar ( heat engine )merupakan alat yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga penggerak. Mesin atau motor bakar ( heat engine ) di bedakan atas dua, antara lain :

  • Tenaga panas yang dihasilkan di luar mesin, disebut motor pembakar luar (external combustion engine).
  • Tenaga panas yang dihasilkan didalam mesin, disebut motor pembakar dalam(internal combustion engine).

Motor pembakaran dalam dibedakan berdasarkan pada proses kerjanya yaitu motor 4 tak dan motor 2 tak.

Berdasarkan penyalaan bahan bakarnya dibedakan menjadi motor disel.

 

 

  1. Bagian Mesin

Secara garis besar konstruksi mesin mobil atau sepeda motor memiliki tiga bagian utama:

  • Bagian Kepala Silinder (cylinder kead) yang dilengkapi dengan tutup kepala silinder.
  • Bagian Blok Silinder (cylinder block) merupakan bentuk dasar dari mesin.
  • Bagian Bak Engkol (crank case) tempat untuk pelumas dan rumah komponen.

 

  1. Kepala Silinder

    Kepala silinder terbuat dari besi tuang, cast iron atau almunium dengan maksud untuk mengurangi berat dan menambanh panas radiasi.Kepala silinder (cylinder kead) terletak diatas blok mesin. Bagian bawah kepala silinder diberi bentuk cekung untuk ruang bakar, satu lubang untuk busi dan dua lubang untuk mekanik katup atau klep.

     

 

  1. Blok silinder (cylinder block)

 

Blok silinder (cylinder block) juga terbuat dari cast iron (besi tuang) atau almunium sama seperti kepala silinder, maksudnya untuk mengurangi berat dan menambah panas radiasi. Disini terdapat lubang silinder yang diberi lapisan khusus (cylinder liner) untuk mengurangi keausan silinder, karena gesekan naik turunnya torak atau piston.

 

 

  1. Bagian Engkol (crank case)

    Bak engkol terletak di bawah blok silinder dan berfungsi sebagai tempat atau rumah dari komponen-komponen yang lain seperti:

  • Poros engkol
  • Batang torak

 

 

  • Poleh karter (tempat oli pelumas) yang dilapisi gasket untuk mencegah kebocoran ali pelumas.

     

  1. Komponen Motor Bakar 2- tak.

 


 

 

  1. Bentuk Dasar motor 2 Tak.


 

  1. Data Teknik Mekanik

Dimensi:

  • Panjang    : 400 mm
  • Lebar    : 400 mm
  • Tinggi    : 500 mm
  • Berat    : 50 kg            

    Bahan        : Stand Pipa 1 inch

Komponen-Komponen Teknik:

* Mesin    : 2 tak

* Pengapian    : Konvensional

Deskripsi:

* Trainer ini dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi konstruksi, fungsi, cara kerja mesin dan mengenal komponen- komponen motor 2 tak.

* Motor 2-tak ini dipotong per bagian untuk menunjukkan kerja tiap bagian.

Paket ini meliputi:

Fungsi dan cara kerja sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem kontrol kecepatan, sistem mekanisme katup, sistem pengisian minyak, sistem pendingin, sistem starting dan sistem pembuangan gas.

Assesories:

Job sheet, lesson plan dalam bahasa Indonesia.

Optional:

Training tune up sepeda motor (40 jam).

 

  1. Langkah Kerja Motor Bensin 2 tak .

 

 

  • Dalam motor bensin 2 tak, piston melakukan 2 kali langkah kerja dalam 1 kali langkah usaha antara lain :

    1. Langkah kompresi dan langkah hisap.

    pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.

    Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :

    • Torak bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
    • Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
    • Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.

       

2. Langkah usaha dan buang.

Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.

 

Yang terjadi dalam langkah ini adalah :

 

  • Sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan timbulnya daya

    dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).

     

     

     

     

     

     

     

     

  • esaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

  • Proses pembuangan sisa-sisa gas bahan bakar.

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

 

http://motomodif-world.blogspot.com/2009/01/langkah-kerja-motor-bensin-2-tak.html

http://images.google.co.id/images?hl=id&q=motor+bakar+2+tak&btnG=Telusuri+Gambar&gbv=2&aq=f&oq=

About these ads

2 Responses to "Prinsip Kerja Motor Bensin 2-Tak"

Allhmdullh denga ad`x pnjlasn
d`atz aq lbih banyak tau lagi tntang dunia otomtif,..
& aq ucapkn banyak terimah kasih kpd sang penerbit,..

Trima kasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,179 hits
June 2009
M T W T F S S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: